Get Adobe Flash player

INFORMASI : SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE TERBARU WMC DI : mediasiwalisongo.com ATAU SILAHKAN LANGSUNG KLIK DISINI... TERIMA KASIH...

Statistik

Members : 4674
Content : 62
Content View Hits : 139095
We have 8 guests online

Workshop Pengarusutamaan Pendidikan Perdamaian dalam Pembelajaran Agama Islam di MA / SMA di Bandungan, 26-27 Desember 2009

Workshop bagi guru-guru Madrasah Aliyah dan Sekolah Menegah Atas dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 26-27 Desember 2009 di Hotel Rawapening I Bandungan Semarang.  Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Prinsip-prinsip Pendidikan perdamaian, Resolusi Konflik dan Mediasi kepada para guru agama Islam MA/SMA, serta mendorong para guru agama Islam MA / SMA untuk memasukkan prinsip-prinsip pendidikan perdamaian, resolusi konflik dan Mediasi dalam pembelajaran Agama Islam di MA / SMA.

Workshop terbagi dalam dua session. Sesi pertama berupa sesi seminar yang menghadirkan para ahli di bidang peace study dan mediasi. Sesi kedua adalah sesi workshop. Sesi ini didahului dengan diskusi kelompok mengenai strategi pengarusutamaan prinsip-prinsip pendidikan perdamaian, resolusi konflik dan Mediasi dalam pembelajaran Agama Islam di MA / SMA kemudian dilanjutkan dengan diskusi pleno membahas hasil diskusi kelompok dan diakhiri dengan perumusan rekomendasi-rekomendasi yang diperlukan.

Materi workshop mencakup empat tema dengan empat narasumber, yaitu Understanding Conflict (Prof. DR. H. Abdul Djamil, MA.), Prinsip-prinsip dalam Peace Education (M. Achwan Fanani, M.Ag.), Mediasi sebagai  salah satu tehnik penyelesaian konflik secara damai (Prof.DR.H. Achmad Gunaryo, M.Soc.Sc.) dan Strategi Pengarusutamaan Pendidikan Perdamaian dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah (Prof. DR. H. Djamaluddin Darwis, MA.).

Workshop ini dikuti oleh 27 peserta dengan komposisi 18 peserta laki-laki dan 9 peserta perempuan. Peserta tersebut adalah guru di Madrasah Aliyah dan SMA se Jawa Tengah yang mengampu mata pelajaran Agama di sekolah masing-masing.

Kegiatan ini diakhiri dengan membuat rekomendasi hasil sidang sidang komisi yang telah disidangkan dalam rapat pleno. Rekomendasi ini dimaksudkan agar dalam pembelajaran agama Islam di MA dan SMA memasukkan prinsip-prinsip pendidikan perdamaian, resolusi konflik dan Mediasi. Target akhir adalah para siswa mengenal betapa pentingnya perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat.  

 

Add comment



Security code
Refresh